Recent Posts

Senin, 11 April 2016

Bahaya Mengkonsumsi Air Putih ???

Assalamualaikum, selamat siang para pembaca, setelah lama tidak posting, terakhir kali posting saat tugas kuliah kemarin, kali ini saya akan posting masalah kesehatan yang berjudul "Bahaya Mengkonsumsi Air Putih," Hahh? eisst tenang dulu, maksudnya adalah bahaya karena terlalu berlebihan dan juga kekurangan, langsung aja scroll kebawah, tanpa basa-basi lagi dan semoga bermanfaat. 

Mengkonsumsi air putih yang banyak dalam sehari diyakini akan sangat menyehatkan tubuh karena berbagai sistem dan bagian tubuh pun akan terhidrasi dengan baik.
Tapi ternyata, mengkonsumsi air banyak-banyak juga bisa memberikan dilema bagi kesehatan tubuh kita loh. Banyak kasus dimana mereka yang terlalu banyak meminum air pada akhirnya akan memicu gangguan ginjal dan juga membuat tubuh cenderung berkeringat lebih banyak. berikut beberapa gangguan kesehatan karena terlalu banyak mengkopnsumsi air.
1.      Tidak hanya air putih saja, banyak mengkonsumsi cairan dari makanan layaknya sayuran dan buah-buahan. Juga beberapa jenis makanan yang berkuah juga akan memberikan asupan cairan yang cukup bagi tubuh. Semua cairan yang sudah cukup banyak tersebut ditambah dengan air putih yang sangat banyak tentu akan membuat ginjal bekerja sangat keras untuk menyaring dan membuang cairan yang berlebihan. Selain dari urine, cairan yang berlebihan juga akan disalurkan oleh ginjal melalui keringat. Salah satu bagian tubuh yang akan mudah mengeluarkan keringat adalah ketiak dan masalah hyperhidrosis atau keringat yang berlebihan dari ketiak seringkali disebabkan karena kebiasaan meminum air terlalu banyak.

2.      Selain menyebabkan hyperhidrosis, kebiasaan mengkonsumsi air terlalu banyak ternyata juga bisa menyebabkan penyakit hypnatraemia, sebuah kondisi dimana tubuh memiliki kandungan garam yang sangat rendah dan pada akhirnya bisa memicu pembengkakan otak. Mengkonsumsi air putih dengan jumlah lebih dari yang diperlukan tubuh dapat meningkatkan jumlah volume darah. Apabila volume darah meningkat maka berimbas pada sistem pembuluh darah yang akan tertutup yang membuat kinerja jantung beserta pembuluh darah akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.
Selain berlebihan, kurang minum juga berdampak buruk bagi tubuh diantaranya adalah:
  1.    . Menganggu Fungsi Otak. Air putih sangat baik untuk sel-sel otak kita. Fungsi air putih ini agar otak bisa berpikir lebih cepat, tidak mudah lupa atau pikun dan bisa berkonsentrasi untuk setiap aktivitas yang dijalankan. karena jika kekurangan air terutama air putih akan menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang semestinya mengalir ke otak juga ikut berkurang. Sehingga menyebabkan sel - sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan. 
  2.       Berbagai Gangguan Kesehatan. Kurang minum bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan diantaranya yaitu terasa haus, tenggorokan terasa kering, suhu badan menjadi panas, terkena gejala sakit kepala, air kencing akan bewarna pekat, denyut nadi yang terasa cepat, gejala halusinasi dan juga berakibat fatal yaitu kematian.
  3.       Infeksi Kandung Kemih. Gejala infeksi kandung kemih yaitu suhu badan yang sedikit meningkat, terasa nyeri pada saat buang air kecil bahkan kadang kala terdapat darah dalam urine yang dikeluarkan.
  4.       Kulit Tampak Kusam. Hal ini bisa terjadi karena aliran darah kapiler di kulit pada tubuh tidak maksimal. Yang mengakibatkan kulit menjadi kusam atau tidak menunjukkan kulit yang cerah dan awet muda karena
  5.       Membahayakan Ginjal Anda. Ini dikarenakan air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Fungsi air putih  pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil yang kita keluarkan setiap harinya.  
Sekian postingan saya kali ini, kesimpulannya adalah, biasakanlah mengkonsumsi air putih dengan cukup, tidak berlebih juga tidak kurang, agar tubuh kita bisa tetap sehat. karena menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar